Abou Diaby lahir pada tanggal 11 Mei 1986 di Arondisemen, Paris adalah sebuah pemain sepak bola profesional perancis dan saat ini bermain untuk klub Inggris Arsenal sebagai seorang pemain bertahan, dia adalah seorang pemain yang sulit dipahami, dia juga pandai membaca pergerakan lawan serta menggiring bola dalam melakukan serangan balik.

Abou Diaby selain pandai membaca pergerakan lawan dia juga bisa bermain sebagai seorang gelandang serang karena dia mampu melewati beberapa pemain dengan skill individunya. Abou Diaby seorang pemain asal Pantai Gading, kekurangan Abou Diaby ialah penyelesaian dalam kotak pinalti, dia mempunyai akurasi kurang begitu baik.

Abou Diaby dibesarkan di Paris , Aubervilliers, dia memulai karir sepak bola di kota kelahirannya CM Aubervilliers, dan bergabung dengan klub Red Star pada tahun 1998, kemudian pada tahun 1999 dia terpilih untuk menghadiri Akademi Clairefontaine, selama empat tahun dia bergabung dengan akademi serta berlatih dengan klub Red Star.

Pada tahun berikutnya Abou Diaby pindah ke Paris Saint Germain, setelah kesalahan administrasi pejabat klub yang membuat Diaby bebas, ia bergabung dengan akademi Auxerre, dan menghabiskan waktu dua tahun di akademi pemuda klub sebelum bermain pada musim 2004-2005. Abou Diaby juga bermain pada Piala UEFA dengan klub Auxerre.

Pada Bulan Januari 2006 Abou Diaby menandatangani kontrak dengan klub Inggris Arsenal dengan kontrak jangka panjang. Dia mencetak gol pertama pada dua bulan berikutnya saat Arsenal melawan Aston VIlla,  lima bulan kemudian pergelangan kaki Diaby patah karena Dan Smith saat melawan Sunderland.

crownbola

Diaby adalah mantan pemuda internasional Prancis setelah meraih caps di bawah-19 dan U-21 tingkat. Sebelum bermain untuk tim senior, ia bermain di bawah-19 tim yang memenangkan 2005 UEFA Eropa U-19 Football Championship. Diaby membuat debut senior internasional pada bulan Maret 2007 di pertandingan kualifikasi melawan Lithuania UEFA Euro 2008. Dia telah mewakili Perancis di salah satu turnamen besar internasional, Piala Dunia FIFA 2010. Diaby berpartisipasi dalam semua tahap ketiga pertandingan grup tim bermain sebagai starter.

 

Biodata Abou Diaby :

profil-abou-diaby Nama lengkap : Vassiriki Abou Diaby
Tempat Lahir : Paris, Perancis
Tanggal Lahir : 11 Mei 1986
Tinggi badan : 1,92m
Posisi pemain : Pemain tengah
Nomor punggung : 2
Klub bola : Arsenal
Tim Nasional : Perancis

Penghargaan Abou Diaby :

Arsenal

  • FA Cup: 2013–14, 2014–15
  • FA Community Shield 2014

Internasional

Perancis

  • UEFA European Under-19 Football Championship: 2005