AS Roma berhasil menang atas rival satu kota mereka, Lazio pada pertandingan lanjutar Serie A yang diadakan di Stadion Olimpico pada hari Senin 25 Mei 2015 lalu dengan skor 2-1. Dua gol kemenangan AS Roma dicetak oleh Juan Iturbe dan Mapou Yanga-Mbiwa.

Bagi Juan Iturbe, gol yang ia cetak pada pertandingan bertajuk Derby Della Capitale ini, mengakhiri puasa selama 232 harinya. Pasalnya terakhir kali pemain asal Argentina ini mencetak gol untuk AS Roma, adalah saat mereka berhadapan dengan Juventus pada bulan Oktober 2014 lalu.

Kemenangan ini juga memastikan AS Roma akan turut berlaga di Liga Champions musim depan tanpa harus melalui kualifikasi. Hingga saat ini, AS Roma telah mengumpulkan 70 poin dari total 37 pertandingan. Sementara itu, Lazio tertinggal empat angka dari mereka. Dengan kata lain mustahil bagi Lazio untuk mengejar AS Roma, pasalnya mereka hanya menyisakan satu pertandingan lagi.

Dalam pertandingan ini, Lazio tampil lebih dominan dengan penguasan bola sebesar 59 persen. Mereka melepaskan tiga tembakan akurat dari total enam percobaan. Sementara itu, AS Roma hanya melapaskan tiga tembakan ke arah gawang dari empat kali usaha.

 

Walau Lazio Lebih Dominan, AS Roma Berhasil Memanfaatkan Peluang

crownbola

 

Namun Lazio tampak mengalami masalah dalam konversi peluang.  AS Roma sendiri baru mulai menunjukkan performa maksimal mereka pada paruh kedua pertandingan, setelah Victor Ibarbo masuk ke dalam lapangan. pemain asal Kolumbia ini menyisir sisi kanan dan melepaskan umpan datar ke kotak penalti. Dengan satu sentuhan Juan Iturba berhasil mencetak gol dengan kaki kirinya.

Unggul satu gol, AS Roma tampak lengah. Pada menit ke 81, Anderson mengirim bola lambung dari sisi kiri dan dipantulkan oleh tandukan Miroslav Klose. Filip Djordjevic yang muncul dari belakang dan meneruskan bola ke gawang berhasil mencetak gol ke gawang Morgan De Sanctis.

Namun hanya butuh waktu empat menit bagi AS Roma untuk kembali unggul. Kali ini lewat bola sodoran Miralem Pjanic dari eksekusi tendangan bebas mengarah tepat ke kepala Mapou Yanga-Mbiwa. Bola sempat membentur tanah sebelum melewati garis gawang Lazio.