Austria memiliki tim sepak bola yang dikendalikan oleh badan Asosiasi SepakBola Austria. Tim Austria telah mengikuti Piala Dunia  terakhir pada tahun 1998. Negara ini bermain di Kejuaraan Eropa untuk pertama kalinya pada tahun 2008 ketika yang menjadi tuan rumah Swiss.

Austria Asosiasi Sepakbola didirikan pada 18 Maret 1904 di Kekaisaran Austro-Hungaria. Tim menikmati kesuksesan pada tahun 1930 di bawah pelatih Hugo Meisl menjadi sisi dominan di Eropa dan mendapatkan julukan “Wunderteam”. Bintang tim adalah Matthias Sindelar.

Pada tanggal 16 Mei tahun 1931, mereka adalah sisi Eropa pertama yang mengalahkan Skotlandia. Di Piala Dunia FIFA 1934, Austria finish di urutan keempat setelah kalah 1-0 dari Italia di semi-final dan 3-2 untuk Jerman di tempat ketiga play-off. Mereka runner-up di Olimpiade 1936, lagi kalah dari Italia 2-1, meskipun telah dipukuli di perempat final oleh Peru.

Setelah Perang Dunia II, Austria dipisahkan dari Jerman. Hasil terbaik Austria datang pada tahun 1954 dengan tim yang dibintangi gelandang Ernst Ocwirk. Mereka kalah di semifinal 6-1, dan Jerman menjadi Juara saat itu, tapi di urutan ketiga setelah mengalahkan juara bertahan Uruguay 3-1. Ini masih hasil terbaik mereka yang pernah, dan sayangnya terakhir kali selama puluhan tahun bahwa Austria mencapai babak akhir turnamen besar. Selama bertahun-tahun.

Austria berhasil sebagai tim ketiga benua untuk mengalahkan tim nasional Inggris di rumah. Dua gol dalam kemenangan 3-2 diraih Toni Fritsch, yang dijuluki “Wembley Toni” kemudian. Pada tahun yang sama, Austria gagal lolos untuk pertama kalinya ke Piala Dunia di edisi 1966. Meski gagal lolos ke Piala Dunia 1970, pelatih baru menekankan pada pengembangan pemain baru, bukan mengandalkan pada pemain tua.

crownbola

 

PROFIL AUSTRIA

logo-tim-austria
Julukan : Das Team
Asosiasi : Osterreichischer Futball-Bund (OFB)
Konfederasi : UEFA (Eropa)
Pelatih : Marcel Koller
Kapten : Christian Fuchs
Penampilan Terbanyak : Andreas Herzog
Pencetak Gol Terbanyak : Toni Polster (44)
Ranking : 15

SKUAD AUSTRIA SAAT INI

# Pos. Player Club
1 GK Robert Almer Hannover 96
12 GK Heinz Lindner Austria Wien
23 GK Ramazan Ozcan Ingolstadt 04
2 DF Gyorgy Garics Bologna
3 DF Aleksandar Dragovic Dynamo Kyiv
4 DF Martin Hinteregger Red Bull Salzburg
5 DF Christian Fuchs (Captain) Leicester City
13 DF Markus Suttner Austria Wien
15 DF Sebastian Prödl Watford
16 DF Kevin Wimmer Tottenham Hotspur
17 DF Florian Klein Stuttgart
6 MF Stefan Ilsanker RB Leipzig
7 MF Marko Arnautovic Stoke City
8 MF Yasin Pehlivan Kayseri Erciyesspor
10 MF Zlatko Junuzovi Werder Bremen
11 MF Martin Harnik Stuttgart
14 MF Julian Baumgartlinger Mainz 05
19 MF Jakob Jantscher Luzern
20 MF Marcel Sabitzer RB Leipzig
22 MF Philipp Schobesberger Rapid Wien
9 FW Rubin Okotie 1860 Munchen
18 FW Lukas Hinterseer Ingolstadt 04
21 FW Marc Janko Basel