Danny Blind secara resmi telah ditunjuk oleh Asosiasi Sepak Bola Belanda atau KNVB sebagai pelatih baru tim nasional Belanda. Ia menandatangani kontrak selama tiga tahun, hingga tahun 2018 mendatang. Mantan pemain tim nasional Belanda ini mengambil alih tugas Guus Hiddink yang sebelumnya telah resmi dipecat pada hari Senin 29 Juni 2015 lalu.

Berita mengenai ditunjuknya Danny Blind ini sendiri tentu tak lagi mengejutkan. Pasalnya sejak lengsernya Guus Hiddink, Danny Blind adalah orang yang diberi tugas untuk mengontrol kendali tim nasional Belanda. Lantaran sebelumnya ia memang adalah asisten Guus Hiddink.

Akan tetapi tampaknya pekerjaan yang menanti Danny Blind akan sangat berat. Karena ia harus bisa meloloskan tim nasional Belanda ke putaran final Piala Eropa 2016 yang akan diadakan di Perancis. Saat ini, mereka terancam tak bisa lolos karena mereka menempati peringkat ketiga klasemen sementara kualifikasi Grup A, setelah meraih tiga kemenangan, sekali imbang dan dua kali kalah.

Bert van Oostveen, Direktur Asosiasi Sepak Bola Belanda berkata bahwa mereka senang karena setelah kepergian Guus Hiddink mereka bisa langsung menemukan pelatih yang cocok. Ia juga menyatakan harapannya agar Danny Blind dan semua stafnya bisa sukses.

 

Danny Blind Jalani Evaluasi Satu Tahun

crownbola

 

Walau mendapatkan kontrak berdurasi selama tiga tahun, Danny Blind yang saat ini telah berusia 49 tahun tersebut terlebih dahulu akan menjalani evaluasi menjelang musim panas tahun depan. Bila tim nasional Belanda berhasil melewati ujian kualifikasi dan tampil di Piala Eropa 2016 Perancis, masa depan mantan bek Ajax Amsterdam ini akan cerah.

Tim nasional Belanda sendiri saat ini telah mengumpulkan 10 poin. Mereka tertinggal tiga angka dari Ceko yang berada di peringkat kedua, dan tertinggal lima angka dari Islandia yang berada di puncak klasemen.

Dan dengan begitu, pada matchday ketujuh yang akan digelar bulan September nanti, Belanda tak boleh kehilangan poin saat menjamu Islandia. Setelah itu, mereka akan berkunjung ke Turki dan Kazahkstan, sebelum menjamu Ceko pada pertandingan terakhir. Karena itu satu-satunya peluang mereka agar bisa melangkah lebih jauh.