Darron Gibson lahir pada tanggal 25 Oktober 1987 di Derry, Irlandia Utara adalah seorang pemain sepak bola Irlandia yang bermain saat ini untuk sebuah klub Inggris Everton dan Republik Irlandia tim nasional, dia juga pernah bermain bersama Manchester United dan pinjaman untuk klub Royal Antwerp dan Wolverhamton Wanderes.

Pada tahun 2007 Darron Gibson berada di pusat perselisihan antara Asosiasi Sepakbola Irlandia (FAI) dan Asosiasi Sepakbola Irlandia (IFA), setelah dia memilih untuk bermain bersama Republik Irlandia, bukan Irlandia Utara, sehingga masalah ini dibahas di Majelis Irlandia Utara dan diselesaikan pada tahun 2010 ketika dia dinyatakan sebagai warga negara Irlandia.

Darron Gibson adalah seorang mantan murid dari St Columb College yang bermain sepak bola junior di Derry dan Kabupaten Liga, dan kemudian dengan Institut sebelum bergabung dengan Manchester United pada tahun 2004. Dia membuat debut seniornya untuk United pada 26 Oktober 2005 di pertandingan Piala Liga melawan Barnet, datang sebagai pengganti Lee Martin.

Selama musim 2005-06 ia bermain sebagai seorang starter untuk Manchester United Reserves, membantu mereka memenangkan treble. Dia membuat 19 penampilan, mencetak dua gol. Pada bulan Mei 2006, ia memenangkan bergengsi Jimmy Murphy Award sebagai pemain muda United tahun dan kemudian bermain secara teratur untuk tim senior Inggris selama pra-musim pertandingan musim panas mereka, bersama-sama dengan Dong Fangzhuo, Jonny Evans, Fraizer Campbell dan Danny Simpson.

Pada tanggal 13 Januari 2012, Darron Gibson ditandatangani untuk Everton untuk biaya yang tidak diungkapkan. Ia menjadi pemain keempat mantan Inggris untuk menandatangani untuk Everton di bawah David Moyes, berikut Phil Neville, Tim Howard dan Louis Saha. Dia melakukan debut sehari kemudian, saat ia mulai imbang 1-1 dengan Aston Villa.

crownbola

 

Biodata Darron Gibson :

profil-darron-gibson Nama lengkap : Darron Thomas Daniel Gibson
Tempat Lahir : Derry, Nothern ireland
Tanggal Lahir : 25 Oktober 1987
Tinggi badan : 1,83m
Posisi pemain : Pemain tengah
Nomor punggung : 4
Klub bola : Everton
Tim Nasional : Republik of ireland

Penghargaan Darron Gibson :

Manchester United

  • Premier League : 2010–11
  • Football League Cup : 2008–09, 2009–10
  • FIFA Club World Cup : 2008

Individual

  • Jimmy Murphy Young Player of the Year : 2005–06
  • FAI Young International Player of the Year : 2009
  • FAI International Goal of the Year : 2011 vs. Wales