Dejan Lovren lahir 5 Juli 1986 di Zenica, kini menjadi Bosnia dan Herzegovina adalah seorang pemain sepak bola Kroasia yang bermain sebagai seorang bek tengah untuk klub Liga Premier Liverpool dan tim nasional Kroasia. Dejan Lovren memulai karirnya pada saat dia bergabung dengan Dinamo Zagreb sebelum pindah ke Olympique Lyonnais pada Januari 2010.

Dejan Lovren menghabiskan waktu hampir empat musim dengan Ligue satu, dan memenangkan Coupe de France 2012, kemudian ada tahun 2013 ia bergabung dengan klub Inggris Southampton selama satu musim. Pada tahun yang sama dia pindah ke Liverpool dengan nilai transfer 20 juta poundsterling.

Dejan Lovren telah mewakili Kroasia di berbagia turnamen internasional sejak tahun 2009, dan dia telah menceta 2 gol dalam 30 penampilannya, serta pada tahun 2014 dia tercacat untuk bergabung dengan tim nasional Kroasia dalam turnamen Piala Dunia FIFA 2014 di Brasil.

Pada umur tiga tahun Dejan Lovren melarikan diri ke Munich bersama semua keluarganya, karena perang di Bosnia pada tahun 1990 membuat mereka panik. Keberadaan mereka di Munich menghabiskan waktu selama tujuh tahun. Dejan Lovren menyatakan dia sangat senang bisa berbicara bahasa Jerman dengan sempurna, namun keluarganya berkata, bagaimana pun kita harus kembali karena kita tidak memiliki dokumen yang diperlukan agar kita bisa menetap disini, kemudian mereka menetap di Karlovac, Kroasia yang berjarak 50 kilometer sebelah barat daya dari ibukota Zagreb.

Dejan Lovren pertama kali disebut-up untuk tim nasional Kroasia pada tahun 2009 oleh manajer Slaven Bilic, yang termasuk pemain dalam skuad pertandingan melawan Belarus pada tanggal 12 Agustus. Dia bermain sebagai pemain pengganti meskipun tidak dimainkan, tapi masih sangat senang dengan pengalaman baru. Lovren juga dibatasi 48 kali di berbagai tim nasional Kroasia pemuda dan mencetak empat gol.

crownbola

Pada tanggal 2 Agustus 2011, Lovren mencetak gol internasional pertamanya, melawan Malta di UEFA Euro 2012 pertandingan kualifikasi. Manajer Slaven Bilic memasukan nama Dejan Lovren dalam skuad Kroasia, untuk UEFA Euro 2012 tetapi harus menarik diri karena cedera yang dialaminya satu minggu sebelum turnamen.

 

Biodata Dejan Lovren :

profil-dejan-lovren Nama lengkap : Dejan Lovren
Tempat Lahir : Zenica, SFR Yugoslavia
Tanggal Lahir : 5 Juli  1989
Tinggi badan : 1,88m
Posisi pemain : Bek tengah
Nomor punggung :  6
Klub bola : Liverpool
Tim Nasional : Kroasia

Penghargaan Dejan Lovren :

Dinamo Zagreb

  • Prva HNL: 2005–06, 2008–09
  • Croatian Football Cup: 2009

Inter Zapresic

  • Druga HNL: 2006–07

Lyon

  • Coupe de France: 2012