Dick Advocaat memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai manajer Sunderland setelah ia berhasil membawa tim tersebut keluar dari zona degradasi Premier League. Hal ini dinyatakan oleh klub Inggris timur laut tersebut pada Rabu 27 Mei 2015.

Pelatih asal belanda berusia 67 tahun tersebut memutuskan untuk tidak meneruskan perannya di manajemen Sunderland. Namun hingga saat ini diketahui bahwa Dick Advocaat belum memutuskan untuk menangani tim lain.

Melalui situs resmi Sunderland, Dick Advocaat menjelaskan bahwa pada momen-momen tertentu dalam hidup seseorang harus mengambil keputusan. Ia berkata bahw saat ini ia telah berusia 68 tahun. Ia mengakui bahwa sejauh ini sudah banyak klub yang menghubunginya, akan tetapi keputusannya tetap sama, yaitu Sunderland atau tidak sama sekali.

Pelatih ini juga berkata bahwa ia telah memberikan segalanya pada masa-masa ia berada di klub dan telah berhasil mencapai apa yang ia rencanakan. Baginya, Sunderland adalah salah satu tonjolan utama sepanjang karirnya.

 

Dick Advocaat Takkan Dilupakan Di Sunderland

crownbola

 

Dick Advocaat mengambil alih posisi manajer di Stadium Of Light pada Maret hingga akhir musim ini, menggantikan Gus Poyet yang dipecat tak lama sebelumnya. Kala itu, The Black Cats hanya unggul satu angka di atas zona degradasi. Sementara itu klub sendiri mengalami situasi sengit dalam internalnya. Akan tetapi pelatih berpengalaman ini berhasil membawa Sunderland ke posisi 16, tiga angka di atas tim- tim yang turun kasta.

Mengenai kepergian Dick Advocaat ini, Ketua Sunderland, Ellis Short berkata bahwa walau mereka sangat kecewa, ia paham dan menghormati keputusan sang pelatih. Ia menjelaskan walau hanya memilki waktu yang singkat di Sunderland, sang pelatih telah berhasil membuat dampak yang nyata dan berhasil mengangkat klub dengan pengalaman dan antusiasmenya. Lebih lanjut ia berkata bahwa Sunderland akan selalu berterima kasih padanya untuk apa yang telah berhasil mereka capai.

Sunderland dipastikan tidak terdegradasi saat mereka bermain imbang tanpa gol di markas Arsenal pada satu pertandingan sebelum berakhirnya musim ini. Dick Advocaat terlihat sangat gembira kala itu.