Douglas Costa rekrutan teranyar Bayern Muenchen disebut- sebut adalah seorang pemain yang serba bisa. Mantan pemain Shakhtar Donetsk tersebut bisa bermain di kedua sayap ataupun sebagai gelandang serang.

Hal ini diutarakan oleh Mathias Sammer, Direktur Olahraga Bayern Muenchen saat ia diwawancarai oleh Goal. Ia berkata bahwa Douglas Costa adalah seorang pemain serba bisa yang bisa dipasang di berbagai posisi berbeda, tapi bukan di lini pertahanan. Menurutnya, Douglas Costa adalah seorang penyerang yang fleksibel.

Mathias Sammer menjelaskan bahwa Douglas Costa bisa bermain di sisi kanan dan dengan begitu ia akan mudah menusuk ke jantung pertahanan karena kaki terkuatnya adalah kaki kiri. Akan tetapi ia juga handal saat di pasang di kiri atau pun di tengah.

Namun pada saat bermain bersama Shakhtar Donetsk pada musim lalu, Douglas Costa lebih sering dipasang sebagai sayap kanan dan hanya sesekali dimainkan sebagai gelandang serang atau sayap kiri.

Karena kemampuannya inilah banyak orang yang menganggap bahwa Douglas Costa memiliki gaya permainan yang identik dengan Arjen Robben. Yaitu mempunyai kaki terkuat kaki kiri akan tetapi kerap di pasang di kanan. Akan tetapi banyak pula yang beranggapan bahwa ia adalah calon pengganti Franck Ribery.

crownbola

Frank Ribery sendiri saat ini tengah mengalami cedera dan baru akan kembali berlatih pada akhir bulan Juli ini. Dengan usia sudah menginjak 32 tahun banyak pihak beranggapan bahwa pemain asal Perancis tersebut akan menghadapi kesulitan untuk bersaing di tim utama Bayern Muenchen.

 

Douglas Costa Bukan Pengganti

 

Namun Mathias Sammer menekankan bahwa kedatangan Douglas Costa bukanlah untuk menggantikan Franck Ribery. Menurut Mathias Sammer, Franck Ribery masih memiliki peran penting di Allianz Arena. Karena itu ia berharap agar Franck Ribery bisa kembali pulih sesegera mungkin dan kembali memperkuat Die Rotten.

Akan tetapi di sisi lain Franck Ribery akan mendapatkan kompetisi sehat untuk mendaptakan posisi pemain sayap. Persaingan ini menurut Bayern Muenchen akan sangat berguna dalam mengembangkan klub.

Kehadiran Douglas Costa sendiri menurut Jan Christian Dreesen, Wakil Ketua Bayern Muenchen bertujuan untuk memperkuat lini penyerangan Bayern Muencehn. Beberapa musim terakhir hal ini sangat bergantung pada Arjen Robben dan Franck Ribery, tanpa ada pemain lain dengan kemampuan yang serupa. Kehadiran Douglas Costa dianggap bisa menjadi solusi.