Erick Thohir, pendiri Mahaka Group mengungkapkan bahwa turnamen Piala Presiden diperkirakan akan menghabiskan dana sebesar Rp 40 miliar. Menurutnya dana tersebut akan lebih banyak dikumpulkan dari pihak swasta.

Selain itu, Erick Thohir juga menjelaskan bahwa Mahaka Sports, selaku operator pertandingan tidak akan menerima pemasukan dari pemerinta atau pun Badan Usaha Milik Negara, untuk menjaga independensi turnamen.

Saat diwawancarai oleh awak media di Istana Kepresidenan beberapa waktu lalu, Erick Thohir membenarkan bahwa anggaran turnamen tersebut berkisar antara Rp 30 hingga 40 miliar. Saat ini mereka tangah berusaha mengumpulkan dana yang kebanyakan berasal dari sponsor tersebut. erick Thohir menekankan bahwa tak ada dana dari pemerintah atau BUMN. Mereka memang mencoba menghindari hal itu untuk menjaga independensi.

Erick Thohir Jelaskan Sistem Piala Presiden

Erick Thohir dalam kesempatan itu juga menjelaskan bahwa Piala Presiden ini nantinya akan diikuti oleh enam belas klub dengan sistem semi kompetisi. Dengan demikian, nantinya akan terselenggara 38 pertandingan. Mahaka Sports juga mengaku telah menyiapkan hadiah yang tak tanggung- tanggung dalam turnamen pra musim kali ini.

Untuk juara pertama, Mahaka Sports akan menyediakan uang sebesar Rp 3 Miliar, sedangkan juara kedua dan ketiga masing- masing akan mendapatkan Rp 2 Miliar dan 1 Miliar. Setiap klub yang mengikuti turnamen ini juga akan mendapatkan suntikan dana segar dari Mahaka untuk kebutuhan operasional klub.

crownbola

Menurut Erick Thohir, suntikan dana ini akan sangat berguna bagi klub. Pasalanya saat ini ada beberapa klub yang sudah berhenti, dan ada yang baru saja akan kembali berjalan. Presiden Inter Milan ini juga menjelaskan bahwa saat ini yang diselenggarakan oleh Mahaka Sports hanyalah sebuah turnamen, dan bukannya liga layaknya Indonesia Super League.

Menurutnya, dirinya tak punya hak dalam menjalankan liga. Sedangkan mengenai turnamen, Mahaka Sports tak hanya menyelenggarakan turnamen sepak bola saja. Dalam waktu dekat mereka juga akan menyelenggarakan turnamen bulu tangkis.

Dengan bergulirnya turnamen ini, diharapakna kerinduan masyarakat Indonesia atas sepak bola terobati. Pasalnya sudah cukup lama sepak bola Indonesia dibekukan.