Estonia memiliki tim nasional sepakbola yang dipilih oleh pelatih kepala Asosiasi Sepakbola Estonia (EJL). Estonia memainkan pertandingan distadion Lillekula di Talinn. Pertandingan pertama Estonia diadakan pada saat melawan Finlandia pada tahun 1920.

Estonia berpartisipasi dalam Olimpiade turnamen pada tahun 1924, mereka belum pernah lolos ke Piala Dunia atau ke Piala Eropa. Namun tim telah mencapai kualifikasi Euro 2012 play-off, dengan menduduki posisi kedua dalam kualifikasi grup mereka, sebelum kalah dari Irlandia pada saat play-off.

Pada tahun 1940, tim ini  dijajah oleh Uni Soviet sehingga membuat pertandingan pertama diakui FIFA pada tahun 1991. Tim ini diakui sebagai negara merdeka setelah bangun dari Uni Soviet, kemudian melawan Estonia Tallinn pada tanggal 3 Juni 1992 dan memperoleh hasil imbang 1-1.

Rekor caps paling internasional tim ini, dipegang oleh Martin Reim, yang memegang rekor Eropa pada tahun 2009 hingga November tahun itu. Rekor gol terbanyak (38) dipegang oleh Andres Oper. Kepala pelatih tim nasional telah Magnus Pehrsson sejak Desember 2013.

Estonia diperkenalkan ke permainan sepakbola oleh pelaut Inggris di tahun-tahun pertama abad ke-20, ketika tanah masih bagian dari Kekaisaran Rusia. Tim nasional dibentuk setelah perang kemerdekaan (1918-1920). Ini memainkan pertandingan pertama pada 17 Oktober 1920 di Helsinki. Permainan berlangsung pada permukaan rumput, yang merupakan pertama untuk Estonia.

sbobet casino online

Estonia Asosiasi Sepakbola didirikan pada tanggal 14 Desember 1921 dan berafiliasi dengan FIFA pada tahun 1923 bergabung dengan Yugoslavia, Latvia, Polandia, Cekoslowakia, Turki dan Uruguay. Hanya partisipasi tim ini di turnamen besar terjadi pada tahun 1924 di Olimpiade di Paris. Estonia kalah dalam pertandingan mereka hanya di turnamen ke Amerika Serikat 1-0.

PROFIL ESTONIA

logo-estonia
Logo Estonia
Julukan : OSinisargid
Asosiasi : Eesti Jalgpalli Liit (EJL)
Konfederasi : UEFA (Eropa)
Pelatih : Magnus pehrsson
Kapten : Ragnar Clavan
Penampilan Terbanyak : Martin Reim
Pencetak Gol Terbanyak : Andres Oper (38)
Ranking : 82

 

SKUAD ESTONIA SAAT INI

# Pos. Player Club
1 GK Sergei Pareiko Levadia
12 GK Mihkel Aksalu SJK
22 GK Pavel Londak Bodo/Glimt
3 DF Artur Pikk Levadia
5 DF Dmitri Kruglov Levadia
15 DF Ragnar Klavan (Captain) Augsburg
17 DF Markus Jürgenson Flora
18 DF Karol Mets Viking
19 DF Ken Kallaste Nomme Kalju
20 DF Gert Kams Flora
23 DF Taijo Teniste Sogndal
2 MF Joel Lindpere Nomme Kalju
4 MF Maksim Gussev Flora
6 MF Aleksandr Dmitrijev Infonet
13 MF Siim Luts Levadia
14 MF Konstantin Vassiljev Jagiellonia Białystok
16 MF Ilja Antonov Levadia
7 FW Rauno Alliku Flora
8 FW Henri Anier Dundee United
9 FW Ats Purje Nomme Kalju
10 FW Sergei Zenjov Gabala
11 FW Ingemar Teever levadia
21 FW Artjom Dmitrijev NOmme Kalju