Gareth Barry lahir pada tanggal 23 Febuari 1981 adalah seorang pemain sepak bola Inggris yang bermain sebagai gelandang untuk klub Everton, dan selama bermain di Premier League dia sudah bermain sebanyak 562 kali. Pada usia remaja Gareth Barry bermain di Hove Albion dan Aston Villa, kemudian pada saa di Aston Villa dia bermain sebagai kapten kesebelasan

Pada Juni 2009, ia bergabung dengan Manchester City sebagai status pinjaman, di mana ia memenangkan Piala FA pada tahun 2011 dan gelar Premier League musim berikutnya. Kemudian Setelah selesai masa pinjaman dia bergabung dengan Everton dan mendapatkan kontrak selama tiga tahun.

Gareth Barry adalah mantan pemain internasional Inggris, setelah memenangkan topi penuh pertama pada tahun 2000 dan menjadi kapten tim nasional pada 2010 dalam pertandingan persahabatan melawan Mesir. Ia meraih 53 caps di total, mencetak 3 gol, dan termasuk dalam regu Inggris di UEFA Euro 2000 dan Piala Dunia FIFA 2010.

Pada tanggal 2 Juni 2009, Barry menandatangani kontrak lima tahun dengan Manchester City untuk biaya dari £ 12.000.000 [13] dan memakai nomor 18 kemeja. Banyak penggemar Aston Villa terbuka mengecam Barry untuk langkah ini mempertimbangkan dugaan keinginannya untuk bermain di Liga Champions.

Gareth Barry menanggapi ini secara positif dan menulis surat kepada Birmingham Mail di mana ia mengucapkan terima kasih kepada penggemar Aston Villa atas dukungan mereka, pada waktu dia berada di sana, Gareth Barry menjelaskan bahwa kepindahannya ke City adalah untuk tantangan baru. Dia bermain bersama Manchester City di pertandingan liga pembukaan musim melawan Blackburn Rovers di Ewood Park, bermain penuh 90 menit dalam kemenangan 2-0

crownbola

Pada tanggal 8 Juli 2014, berikut dipinjamkan sukses di Goodison Park, Barry menyelesaikan langkah permanen untuk Everton, menandatangani kontrak tiga tahun yang telah dirilis oleh Manchester City setelah berakhirnya kontraknya.

 

Biodata Gareth Barry :

profil-gareth-barry Nama lengkap : Gareth Barry
Tempat Lahir : Hastings, Inggris
Tanggal Lahir : 23 Febuari 1981
Tinggi badan : 1,83m
Posisi pemain : Pemain tengah
Nomor punggung : 18
Klub bola : Everton
Tim Nasional : Inggris

Penghargaan Gareth Barry :

Aston Villa

  • Intertoto Cup: 2000-12

Manchester City

  • FA Cup: 2010–11
  • Premier League: 2011–12