Guus Hiddink telah resmi dipecat dari jabatannya sebagai pelatih tim nasional Belanda. Federasi  Sepak Bola Belanda atau KNVB telah mengumumkan lewat situr resmi mereka bahwa mereka telah memutuskan kerja sma mereka dengan pelatih Guus Hidding terhitung tanggal 1 Juli 2015 ini.

Sebagai catatan, Guus Hiddink menjabat sebagia pelatih tim nasional Belanda setelah berakhirnya Piala Dunia 2014 Brazil pada Juli tahun lalu. Pelatih berusia 68 tahun tersebut menggantikan tempat yang sebelumnya ditinggalkan oleh pelatih Louis van Gaal yang memutuskan untuk berhenti dan menangani Manchester United.

Akan tetapi Guus Hiddink dinilai gagal meningkatkan performa tim nasional Belanda pada kualifikasi Piala Eropa 2016. Saat ini tim nasional Belanda hanya menempati posisi ketiga klasemen sementara Grup A dengan total poin 10 dari enam pertandingan. Mereka tertinggal lima poin dari Islandia.

Melalui sebuah pernyataan resmi, Federasi Sepak Bola Belanda menyatakan bahwa Guus Hiddink dan organisasi tersebut telah sepakat untuk mengakhiri kontraknya. Guus Hiddink pun dikabarkan tak mengalami masalah dalam pemutusan kontrak ini.

 

Guus Hiddink Merasa Terhormat Melatih Timnas Belanda

crownbola

 

Guus Hiddink dalam satu kesempatan meminta maaf karena harus pergi dari tim nasional Belanda dengan cara seperti ini. Namun baginya melatih tim nasional Belanda adalah suatu kehormatan. Ia juga mengutarakan harapannya agar penerusnya nanti di tim nasional Belanda, juga staf dan para pemain akan bisa sukses dalam perjalanan merkea menuju Piala Eropa 2016 yang akan diadakan di Perancis.

Sementara itu, di tempat berbeda Bert van Ootsven, Direktur Federasi Sepak Bola Belanda menyatakan bahwa ia merasa sangat menyesal dengan perkembangan tim nasional Belanda saat ini yang berakhir dengan pemeceatan Guus Hiddink. Namun, apa boleh buat, karena memang hasil kinerja sang pelatih masih terasa belum memuaskan bagi semua orang di Federasi Sepak Bola Belanda.

Akan tetapi terlepas dari hasil yang mereka dapatkan, mereka tetap merasa perlu berterima kasih pada Guus Hiddink atas segala upaya yang dilakukannya untuk membawa tim nasional Belanda ke arah yang lebih baik.