Irlandia Utara memiliki tim sepak bola nasional dari tahun 1882-1921 yang dibentuk oleh Asosiasi Sepakbola Irlandia (IFA). Pada tahun 1921 yurisdiksi IFA balik ke Irlandia Utara setelah memisahkan diri dari klub menjadi negara bebas Irlandia . Irlandia Utara telah berkompetisi di tiga Piala Dunia FIFA, mencapai perempat final ppada tahun 1958 dan 1982 dalam turnamen.

Dalam pertandingan persahabatan yang dimainkan di Bloomfield di Belfast, dan juga marjin kemenangan terbesar di Inggris. Pada 25 Februari 1882, Irlandia bermain internasional kedua mereka, melawan Wales di Arena Pacuan Kuda, Wrexham, dan equalizer dari Johnston menjadi gol pertama Irlandia.

Irlandia Utara pada tahun 1884 berlaga di perdana British Home Championship dan kehilangan semua tiga pertandingan. Irlandia tidak memenangkan pertandingan pertama mereka sampai 19 Februari 1887, menang 4-1 atas Wales di Belfast.

Pada tahun 1899 Irlandia FA mengubah aturan yang mengatur pemilihan pemain, dan biasanya para pemain yang dipilih dari liga Irlandia, khususnya tiga klub besar Belfast bermarkas di Linfield, Cliftonville dan Distilery. Pada tanggal 4 Maret 1899 pada pertandingan melawan Wales, McAteer termasuk empat pemain Irlandia yang bermain di Inggris.

Perubahan kebijakan yang dihasilkan dividen sebagai Irlandia menang 1-0. Tiga minggu kemudian, pada 25 Maret salah satu dari empat pemain, Archie Goodall, berusia 34 tahun dan 279 hari, menjadi pemain tertua yang mencetak gol di sepak bola internasional selama abad ke-19 ketika ia mencetak gol Irlandia dalam kekalahan 9-1 ke Skotlandia.

crownbola

Pada tahun 1920 Irlandia itu dibagi menjadi Irlandia Utara dan Irlandia Selatan. Pada tahun 1922 Irlandia Selatan memperoleh kemerdekaan sebagai Negara Bebas Irlandia, kemudian menjadi sebuah republik dengan nama Irlandia. Di tengah gejolaknya politik. Asosiasi muncul di Dublin pada tahun 1921 dan menyelenggarakan liga.

Pada 7 September 2005 Irlandia Utara mengalahkan Inggris 1-0 dalam kualifikasi Piala Dunia 2006 di Windsor Park. David Healy mencetak gol kemenangan di menit ke-73. Hampir setahun kemudian, pada tanggal 6 September 2006, Irlandia Utara dikalahkan Spanyol 3-2 di kualifikasi untuk Euro 2008, dengan Healy mencetak hat-trick. Pada bulan Juni 2007 Nigel Worthington bernama manajer di tempat Lawrie Sanchez, yang mengambil alih di Fulham. Awalnya Worthington mengambil alih sampai akhir kualifikasi Euro 2008, namun kemudian diberi kontrak hingga akhir UEFA Euro 2012 kualifikasi.

Michael O’Neill menjadi manajer pada bulan Februari 2012 setelah Nigel Worthington telah mengundurkan diri bulan Oktober 2011 setelah Euro 2012.

 

PROFIL IRLANDIA UTARA

logo-tim-irlandia
Julukan : Green and White Army
Asosiasi : Iris Football Association
Konfederasi : UEFA (Eropa)
Pelatih : Michael O’neill
Kapten : Steven Davies
Penampilan Terbanyak : Pat Jennings
Pencetak Gol Terbanyak : David Healy (36)
Ranking : 37

SKUAD IRLANDIA UTARA SAAT INI

# Pos. Player Club
GK Maik Taylor Unattached
GK Michael McGovern Hamilton Academical
GK Trevor Carson Hartlepool United
DF Aaron Hughes Melbourne City FC
DF Chris Baird Derby County
DF Gareth McAuley West Bromwich Albion
DF Jonny Evans Manchester United
DF Craig Cathcart Watford
DF Shane Ferguson Newcastle United
DF Daniel Lafferty Burnley
DF Conor McLaughlin Fleetwood Town
DF Luke McCullough Doncaster Rovers
DF Paddy McNair Manchester United
MF Steven Davis (Captain) Southampton
MF Chris Brunt West Bromwich Albion
MF Corry Evans Blackburn Rovers
MF Oliver Norwood Reading
MF Paddy McCourt Brighton & Hove Albion
MF Stuart Dallas Brentford
MF Ben Reeves Milton Keynes Dons
FW Kyle Lafferty Norwich City
FW Niall McGinn Aberdeen
FW Jamie Ward Nottingham Forest
FW Josh Magennis Kilmarnock
FW Billy Mckay Wigan Athletic
FW Will Grigg Wigan Athletic
FW Liam Boyce Ross County
FW Caolan Lavery Sheffield Wednesday