Kazakhstan memiliki tim sepak bola yang dikelola oleh badan Federasi Sepak Bola dari Kazakhstan, mereka memisahkan diri dari tim nasional sepak bola Uni Soviet setelah kemerdekaan pada tahun 1991 dan bergabung dengan Federasi Sepak Bola Asia Tengah Konfederasi Sepak Bola Asia itu, setelah gagal lolos k Piala Dunia FIFA 1998 dan 2002 mereka bergabung, namun mereka belum memenuhi syarat untuk Piala Dunia atau Kejuaraan Eropa UEFA.

Kazakhstan menyatakan kemerdekaan dari Uni Soviet pada tanggal 16 Desember 1991. Timnas tersebut kemudian memisahkan diri dari tim nasional sepak bola Uni Soviet (anggota UEFA) dan bergabung dengan Konfederasi Sepakbola Asia. Pada saat itu, mereka adalah salah satu tim terkuat di Asia Tengah, dan salah satu yang paling meningkatkan tim di Asia.

Kazakhstan memainkan pertandingan pertama mereka melawan debutan lain mantan-Soviet, Turkmenistan, pada tanggal 1 Juni 1992, sebagai bagian dari turnamen Asia Tengah. Kazakhstan menang 1-0. Turnamen ini juga melihat debut sepakbola Uzbekistan, Kyrgyzstan dan Tajikistan. Setelah mengalahkan Libya dalam pertandingan persahabatan di Korea Utara pada 3 Juli.

Kazakhstan bergabung UEFA pada tahun 2002. Mereka harus menunggu sampai Piala Dunia 2002 selesai pada 30 Juni sebelum membuat saklar, karena mereka telah memasuki turnamen sebagai anggota AFC. Kazakhstan karena itu tidak bisa masuk kualifikasi untuk UEFA Euro 2004, seperti undian telah dilakukan pada tanggal 25 Januari 2002. Tim bermain UEFA oposisi untuk pertama kalinya pada tanggal 14 November 2001, dan bermain imbang 0-0 pergi ke Estonia

PROFIL KAZAKHSTAN

logo-kazakhstan
Julukan : The Hawks
Asosiasi : Football Federation
Konfederasi : UEFA (Eropa)
Pelatih : Yuri Krasnozhan
Kapten : Samat Smakov
Penampilan Terbanyak : Ruslan Baltiev
Pencetak Gol Terbanyak : Ruslan Baltiev (13)
Ranking : 142

SKUAD KAZAKHSTAN SAAT INI

# Pos. Player Club
GK Sergey Boychenko Ordabasy
GK Stas Pokatilov Aktobe
GK Anton Tsirin Okzhetpes
DF Yuriy Logvinenko Aktobe
DF Rinat Abdulin Ordabasy
DF Mark Gorman Kairat Almaty
DF Dmitri Shomko Astana
DF Heinrich Schmidtgal Fortuna Düsseldorf
DF Serhiy Malyi Ordabasy
DF Dmitri Miroshnichenko Aktobe
DF Gafurzhan Suyumbayev Ordabasy Shymkent
DF Abzal Beisebekov Astana
DF Yeldos Akhmetov Astana
MF Samat Smakov (Captain) Irtysh
MF Zhambyl Kukeyev Kairat Almaty
MF Ulan Konysbayev Astana
MF Azat Nurgaliev Ordabasy Shymkent
MF Bauyrzhan Islamkhan Kairat Almaty
MF Askhat Tagybergen Aktobe
MF Aslan Darabayev Kairat Almaty
MF Timur Dosmagambetov Taraz
FW Sergei Khizhnichenko Aktobe
FW Aleksey Shchetkin Astana