Luca Toni adalah seorang pria berkebangsaan Italia, lahir dikota Modena pada 26 Mei 1977, sukses dalam berkarier di dunia sepak bola, namun gagal menjadi seorang ayah, karena tunangannya Marta Ceccheto seorang model Italia mengalami keguguran pada tanggal 1 Juni 2013.

Luca Toni adalah seorang striker yang memiliki naluri cukup bagus dalam mencetak gol, dan mempunyai tinggi badan cukup baik sehingga dalam menyundul bola mempunyai titik sasaran yang bagus, oleh karena itu dia mendapatkan header terbaik, selain itu mendapatkan banyak penghargaan, seperti penghargaan Capocannonieri untuk musim 2007-2008.

Penghargaan Luca Toni bukan hanya untuk sebuah klub, melainkan prestasi individual. seperti saat dia bermain untuk klub Bayern Munchen (Jerman) berhasil mengantongi 24 gol menjadi Top Scorer di Bundesliga.

 

Biodata Luca Toni

Nama Luca Toni
Tanggal Lahir 26 Mei 1977
Berkebangsaan Italia
TInggi badan 1.93m
Posisi Bermain Striker
Nomor Punggung 9
Klub saat ini Hellas Verona

Perjalanan Karir Luca Toni

Luca toni memulai karirnya di liga Italia serie B, saat itu dia bergabung dengan klub Modena, kemudian turun ke Serie C1 bergabung ke Empoli, Fiorenzuola, dan Lodigiani dalam beberapa waktu. Tahun 1999 bergabung dengan Treviso di Serie B, dalam waktu singkat dia mendapatkan penawaran serta kesempatan bermain di Liga Italia serie A bersama Vicenza, kemudian dia bergabung bersama Brescia untuk 2 musim dan bermain bersama Roberto Baggio dan Pep Guardiola.

Prestasi saat bersama Palermo

crownbola

Tahun 2003 Luca Toni bergbung dengan klub Palermo liga Italia serie B, kemudian berhasil membawa Palermo ke serie A liga Italia, setelah 30 tahun lebih tidak pernah naik ke serie A serta menciptakan 30 gol, oleh karena itu Marcello Lippi memanggilnya untuk bergabung ke tim nasional Italia dilaga pertandingan persahabatan melawan Iceland tahun 2004.

Saat bersama Palermo, Luca Toni berhasil membuat 20 gol, sekaligus membawa Palermo ke babak kualifikasi piala UEFA.

Fiorentina

Pada saat bersama Fiorentina Luca Toni berhasil mencetak 31 gol dalam semusim, melalui gol tersebut dia mendapat penghargaan sepatu emas untuk prestasi ini, karena dalam 50 tahun belum ada seorang striker membuat 30 gol selama di serie A liga Italia, seperti seorang Gabriel Batistuta bergabung dengan Fiorentina pada tahun 1990.

Fiorentina di tahun 2006-07 terlibat masalah Calciopoli dan pengadilan memutuskan Fiorentina akan dikurangi 19 poin diawal musim 2006-2007. Awal musim panas Luca Toni ingin meninggalkan Fiorentina, namun Presiden Andrea Della Valle menahannya karena Fiorentina masih membutuhkan dia agar bisa mengatasi hasil keputusan pengadilan tersebut. Pada musim berikutnya dia meminta agar diperbolehkan pindah ke Jerman bukan ke klub besar liga Italia, dan Presiden Andrea Della Valle mengijinkannya.

Bayern Munchen

Tahun 2007 Luca Toni resmi menjadi tim Bayern Munchen selama 4 tahun. kemudian Bayern munchen menjadi juara Piala UEFA setelah mengalahkan Aris Yunani 6-0, dan berhasil mencetak 4gol dalam pertandingan tersebut. Pada tanggal 17 Feb 2008, dia mencetak hat-Triks saat melawan Hannover 96  dilaga pembukaan Bundesliga Jerman. Diakhir musim 2007-08 Luca Toni tercatat sebagai pencetak gol terbanyak 24gol.

Pada tanggal 7 November 2009 Luca Toni diganti oleh pemain pengganti, namun setelah digantikan dia mendapatkan hukuman denda. setelah itu Presiden Bayern Munchen memutuskan pemain akan diijinkan keluar dengan status bebas transfer, melalui pembicaraan kedua belah pihak setuju jika Luca Toni dipinjamkan ke AS Roma (klub Italia).

AS Roma

Luca Toni saat bergabung bersama As Roma memulai karirnya dengan mencetak 2gol kegawang Genoa dengan hasil akhir 3-0 untuk As Roma, sampai akhir musim akhirnya As roma hanya bisa memperkecil jarang dengan puncak pimpinan klasemen.

Genoa

Pada tanggal 16 Juni 2010 akhirnya Klub Bayern Munchen memutuskan mengakhiri kontrak kerja Luca Toni, dan langsung bergabung dengan Genoa, kemudian kontrak kerja selama 2tahun untuk bergabung ke Genoa telah di setujui.

Juventus

Luca Toni pada 7 Januari 2011 bergabung dengan Juventus dengan status bebas transfer sampai 30 Juni 2012 dan pada saat yang bersamaan Luca Toni menbuat gol yang sangat indah dengan sebuah sundulan dari jarak jauh 16meter pada saat mengalahkan Cagliari sekaligus mencetak golnya yang ke-100 selama di Italia serie A.

Al Nasr

Diakhir kontrak kerjanya bersama Juventus, Luca Toni menyetujui kesepakatan pindah ke Al Nasr.

Fiorentina

Ditahun 2012 Luca Toni kembali ke Fiorentina dan kembali membuat sebuah gol bersama Fiorentina, pada saat menjadi pemain pengganti di menit -64.

Hellas Verona

Luca Toni membuat keputusan untuk bergabung bersama Hella Verona, klub  yang baru dipromosikan ke Serie-A liga Italia. Penampilan Luca Toni selalu mendapatkan hasil yang bagus sehingga pelatih Tin Nasional Italia Cesare Prandelli memangil Luca Toni untuk bisa bermain bersama Tim Nasional. dan diakhir musim 2014-2015 Luca Toni menjadi Top Scorer Liga Italia Serie A.