Marco Borriello lahir 18 Juni 1982 adalah seorang pemain sepak bola Italia yang bermain sebagai striker, dan saat ini status Marco Borriello dibebas transferkan oleh agen setelah kontraknya dengan klub Serie A Genoa usai pada musim panas ini. Marco Borriello dibesarkan di daerah San Giovanni a Teduccio di Naples. Ayahnya dibunuh oleh Camorra ketika Marco masih kecil, dan ia dibesarkan bersama saudara Fabio dan Piergiorgio oleh ibunya Margherita.

Marco Borriello sebelum bermain untuk klub Genoa dia main untuk klub  AC Milan, Sampdoria, Treviso, Reggina, Empoli, Triestina, Juventus, AS Roma dan West Ham United. Marco Borriello datang melalui AC Milan , namun dipindahkan ke Treviso sebagai pemain pinjaman sebelum membuktikan dirinya masuk dalam tim senior.

Pada saat kebersamaan bersama klub Treviso dengan status sebagai pemain cadangan, dia mencetak delapan gol untuk Treviso di musim 2000-2001. Dia bermain profesional untuk klub Triestina di tahun 2000-2001 di serie C2, kemudian kembali ke Treviso pada bulan Juni 2001, melalui AC Milan. Dengan menciptakan 10 gol dalam 27 pertandingan di Serie C2, membuat dirinya kembali ke AC Milan pada bulan Juni 2002.

Marco Borriello mempunyai fisik yang kuat dan dia dikenal karena kepandaiannya dalam membaca pergerakan lawan dan kemampuannya diudara sehingga dia dapat membantu rekannya, baik dalam melakukan serangan maupun dalam bertahan.

Marco Borriello mendapatkan panggilan untuk bergabung dengan tim nasional Italia pada tanggal 6 Febuari 2008, saat Italia melakukan pertandingan persahabatan Portugal di Zurich, Swiss. Marco Borriello menggantikan Luca Toni pada menit 70 dengan keunggulan Italia 3-1. kemudian pada pertandingan persahabatan berikutnya nama dia pun di ikut sertakan oleh sang pelatih. Pada kesempatan Piala Dunia FIFA sang pelatih Marcello Lippi tidak memasukan nama Marco Borriello.

crownbola

 

Biodata Marco Borriello :

profil-marco-borriello Nama lengkap : Marco Borriello
Tempat Lahir : Naples, Italia
Tanggal Lahir : 18 Juni 1982
Tinggi badan : 1,85m
Posisi pemain : Striker
Nomor punggung : 22
Klub bola : Genoa
Tim Nasional : Italia

Penghargaan Marco Borriello :

  • Serie A : 2
  • Milan: 2003/04
  • Juventus: 2011–12
  • UEFA Super Cup: Milan: 2003
  • UEFA Champions League:  Milan: 2006/2007