Mateo Kovacic lahir pada tanggal 6 Mei 1994 di Linz, Austria adalah seorang pemain sepak bola Kroasia yang bermain sebagai gelandang untk klub liga Italia serie A Inter Milan dan juga bermain bersama tim nasional Kroasia. Mateo Kovacic mulai bermain sepak bola pada usia dini di akademi lokal Lask Linz. Pada tahun 2007 Kovacic berusia 13 tahun dia pindah ke Zagreb karena keluarganya.

Pada saat berada di Zagreb dia bergabung dengan klub raksasa Kroasia Dinamo Zagreb dan dia mengaami cedera yang serius pada tahun 2009, dimana kakinya patah, namun setelah pemulihan beberapa waktu yang panjang Mateo Kovacic kembali ke lapangan, dan pada 32 Mei 2010 dia bermain dalam pertandingan terakhir liga Kroasia U-17, dan memenangkannya setelah mengalahkan RNK.

Mateo Kovacic biasa di tempatkan pada posisi gelandang tengah atau sebagai playmaker di Inter Milan, selain itu sang pelatih beranggapan bahwa dia adalah gelandang serba guna, karena sangat cepat beradaptasi, meskipun dipindahkan posisinya, baik dikiri atau dikanan jika diperlukan.

Mateo Kovacic telah digambarkan sebagai teknisi besar dengan kemampuan dribbling yang sangat baik. Ia dianggap sebagai gelandang serbaguna, setelah bermain di posisi lini tengah yang berbeda. Dia mulai sebagai gelandang menyerang di Dinamo Zagreb, tapi ia berubah permainannya di Inter Milan di mana ia ditempatkan sebagai playmaker saat sedang dilatih oleh Andrea Stramaccioni.  Martin Novoselac mengatakan bahwa Mateo Kovacic memiliki bakat yang bisa membuatnya lebih baik darinya, ia adalah seorang profesional yang sangat serius bagi seseorang usianya, saya belum melihat seorang anak muda yang sangat berbakat dalam dunia sepak bola setelah zaman Robert Prosinecki, dan Mateo Kovacic sangat mengaguminya dan mungkin dia akan banyak belajar dari penampilan Robert Prosinecki.

 

Biodata Mateo Kovacic :

profil-mateo-kovacic


Nama lengkap : Mateo Kovacic
Tempat Lahir : Linz, Austria
Tanggal Lahir : 6 Mei 1994
Tinggi badan : 1,81m
Posisi pemain : gelandang tengah
Nomor punggung : 10
Klub bola : Inter Milan
Tim Nasional : Kroasia

Penghargaan Mateo Kovacic :

sbobet casino online

Klub :

Dinamo Zagreb

  • Croatian First Football League: 2010–11, 2011–12
  • Croatian Football Cup: 2010–11, 2011–12

Individual

  • Croatian Football Hope of the Year: 2011