Matuzalem lahir pada tanggal 10 Juni 1980, adalah pemain Brazil yang kini bermain di Italia Serie  untuk A Lazio sebagai gelandang. Dia adalah gelandang playmaking ofensif dikenal keaktifannya, kreativitas, dan teknik, yang membuatnya mendapatkan julukan “profesor”. Posisinya yang biasa adalah bahwa dari gelandang tengah, meskipun ia juga mampu bermain sebagai gelandang menyerang, atau sebagai gelandang kiri.

Matuzalem memulai karirnya di Esporte Clube Vitoria dan dikenal sebagai gelandang mencetak gol, ia pertama kali muncul di tahun 1997 Piala Dunia Youth Championship di Mesir. Di sana, ia mencetak tiga gol dalam enam pertandingan, termasuk gol penting dalam pertandingan final.

Pada tahun 1999, Matuzalem meninggalkan Vitoria, dan bergabung dengan Napoli di Italia, di mana ia tinggal selama dua musim, pertama dihabiskan di Serie B dan musim kedua dalam apa yang akan menjadi Napoli terakhir di Serie A selama enam tahun. Matuzalem adalah seorang reguler di Napoli, tapi hanya mencetak dua gol selama waktunya di sana.

Pada bulan Juni 2004, Shakhtar Donetsk merekrut Matuzalem dari Brescia, dibayar Brescia 8 juta euro, ini adalah rekor Ukraina pada saat itu. Setelah transfer Anatoliy Tymoschuk ke Zenit St Petersburg, ia menjadi kapten baru klub untuk musim 2006-07 dan terpilih sebagai pemain klub tahun ini.

Pada bulan Juli 2008, Matuzalem kembali ke Italia setelah empat tahun, bergabung Lazio pada pinjaman musim panjang, dengan opsi untuk membeli pada akhir musim. Pada akhir musim, Lazio dilakukan pilihan untuk menjaga dia secara permanen, tetapi untuk 5 juta Euro dalam kontrak 5 tahun. Pada tanggal 14 Maret 2010, dia terluka dan melewatkan sisa musim ini. Ia menjadi cadangan dari Ledesma dan Cristian Brocchi di musim depan.

crownbola

 

Biodata Matuzalem :

profil-matuzalem Nama lengkap : Matuzalem Francelino da Silva
Tempat Lahir : Natal, Brasil
Tanggal Lahir : 10 Juni 1980
Tinggi badan : 1,75m
Posisi pemain : Pemain tengah
Nomor punggung :  11
Klub bola : Lazio
Tim Nasional : Brasil

Penghargaan Matuzalem :

Shaktar Donetsk

  • Ukrainian Premier League: 2004-05, 2005-06

Lazio

  • Coppa Italia: 2008-09
  • Supercoppa Italiana: 2009

Vitoria

  • Campeonato do Nordeste: 1997, 1999

Internasional

Brasil U-17

  • FIFA Under-17 World Cup 1997