MotoGP Aragon sejauh ini hanya mencatat Casey Stoner sebagai satu-satunya pembalap motoGP non – Spanyol yang pernah menang dalam balapan MotoGP di Aragon. Dalam kurun waktu dua musim terakhir, pembalap Spanyol bahkan dapat dikatakan dominan pada seluruh kelas. Lalu, apa yang akan terjadi di akhir pekan nanti?

Sirkuit motoGP Aragon pertama kali melangsungkan sebuah kejuaraan dunia di tahun 2010. Dalam situs MotoGP, sirkuit motoGP Aragon dicatat sebagai tempat balapan motor keenam di Spanyol yang pernah mengadakan balapan grand prix. Sirkuit sebelumnya diantaranya Circuito de Jerez, Catalunya, Jarama, Montjuich dan juga Vaencia.

Casey Stoner pernah mendapatkan kemenangan dalam tahun pertama pelaksanaan di kelas MotoGP. Sesudah membalap dengan Ducati di tahun 2010, pembalap asal Australia ini mengulangi kemenangannya bersama Honda di tahun 2011. Sesudah itu, dua pembalap lain yang sama-sama membela Honda yakni Pedrosa dan Marquez secara beruntun meraih kemenangan pada balapan MotoGP tahun 2012 dan 2013.

 

MotoGP Aragon Spanyol
Sirkuit ke-6 motoGP Spanyol yang dikenal dengan sirkuit motoGP Aragon.

 

Andrea Iannone Pemenang MotoGP Aragon 2010

sbobet casino online

 

MotoGP terus bergulir dan selama periode dua musim terakhir itulah, bermunculan nama pembalap yang berkebangsaan Spanyol pada podium tertinggi di semua kelas balapan di motoGP Aragon. Sejauh ini, dalam penyelenggaraan balap motor di Aragon, hanya ada dua nama pembalap yang bukan berkebangsaan Spanyol yang muncul di motoGP Aragon sebagai pemenang. Selain Stoner, terdapat pula nama Andrea Iannone yang merupakan pembalap MotoGP yang berhasil menang dalam balapan Moto2 di tahun 2010.

Melihat dominasi para pembalap Spanyol di Aragon, secara umum kecenderungan MotoGP yang berlangsung musim ini pun memperlihatkan hal yang serupa. Dari 13 balapan yang telah dilakukan di Aragon, 12 dimenangkan oleh rider Spanyol yakni 11 kali Marquez dan 1 kali Pedrosa.

Satu-satunya rider non Spanyol yang dapat memenangkan balapan di musim ini yakni pembalap bintang Yamaha Valentino Rossi. Mengingat pembalap top asal Italia tersebut menang pada balapan terakhir ini, maka tentunya Vale dapat menjadi pembalap yang difavoritkan untuk memenangkan pertandingan di motoGP Aragon. Mari kita lihat dan tunggu siapa yang akan menjadi pemenang event balapan motoGP Aragon berikutnya.