Moussa Sissoko lahir pada tanggal 16 Agustus 1989 adalah seorang pemain sepak bola internasional Perancis yang saat ini bermain untuk klub Liga Premier Newcastle United. Dia bermain sebagai seorang gelandang bertahan dan gelandang serang.

Moussa Sissoko memulai karir sepak bolanya bermain untuk klub pemuda setempat di region Ile-de-France, seperti Esperance Aulnay dan Red Star FC. Pada tahun 2002, ia pindah ke selatan untuk bergabung dengan klub profesional Toulouse. Sissoko menghabiskan empat tahun di akademi pemuda klub dan membuat debut profesional di musim 2007-08. Dia juga bermain di Liga Champions untuk pertama kalinya. Pada musim berikutnya, Sissoko meraih nominasi penghargaan untuk pertunjukan dan juga membantu Toulouse lolos ke Liga Eropa UEFA yang baru dibuat.

Moussa Sissoko adalah pemuda internasional Prancis setelah bermain di semua tingkatan. Pada bulan Agustus 2009, ia dipanggil ke tim senior untuk pertama kalinya dan membuat debut internasional senior di kualifikasi Piala Dunia 2010 FIFA melawan Kepulauan Faroe. Dia bermain bersama tim nasional pada saat melawan melawan Austria.

Sissoko lahir di Le Blanc-Mesnil, Seine-Saint-Denis. Ayahnya adalah seorang pekerja konstruksi dan ibunya adalah ibu rumah tangga. Moussa Sissoko adalah anak sulung dari empat anak, dengan tiga adik perempuan. Dia tertarik dengan sepak bola pada usia yang sangat muda yang menyatakan “Saya segera menyadari bahwa sepak bola dapat menyebabkan saya untuk memiliki kehidupan yang lebih baik”.  Pada usia enam tahun , Sissoko bergabung dengan akademi muda dari Espérance Aulnay, yang bermarkas di dekatnya Aulnay- sous-Bois.

Pada tanggal 26 Februari 2006, Sissoko mencetak gol internasional pertamanya di kedua pertandingan penyisihan grup tim Piala Algarve melawan Belanda. Dalam pertandingan penyisihan tim melawan Portugal, Sissoko kembali mencetak gol dalam kemenangan 3-1.

crownbola

Moussa Sissoko mencetak gol hanya dengan tim pada tanggal 31 Maret 2009 di kemenangan tim 2-0 atas Inggris di City Ground di Nottingham. Ia sering bermain dengan baik saat bersama  tim nasional karena dia berusaha untuk memenuhi syarat agar bisa mengikuti UEFA Eropa U-21 Football Championship.

 

Biodata Moussa Sissoko :

profil-moussa-sissoko Nama lengkap : Moussa Sissoko
Tempat Lahir : Le Blanc-Mesnil, Perancis
Tanggal Lahir : 16 Agustus 1989
Tinggi badan : 1,87m
Posisi pemain : Pemain tengah
Nomor punggung : 7
Klub bola : Newcastle United
Tim Nasional : Perancis