Nigel de Jong lahir pada 30 November 1984, adalah seorang pemain sepak bola profesional Belanda yang main sebagai gelandang untuk klub serie A Italia AC Milan dan tim nasional sepak bola Belanda, dan ia bergabung dengan akademi Ajax. Nigel de Jong adalah keturunan Suriname – Indonesia, Ayahnya berasal dari Suriname dan Ibunya berasal dari Ambon.

Nigel de Jong menikah dengan Winonah dan memiliki dua orang anak, Ayahya Nigel adalah mantan pemain internasional Belanda Jerry de Jong. Mereka memiliki sebuah perusahaan dealer mobil yang berspesialis beroperasi di Eropa dan Timur Tengah. Nigel de Jong mulai bermain sepak bola pada umur 17 tahun, dan pada tahun 2004 dia mulai bermain bersama tim nasional Belanda, kemudian di tahun 2010 dia mendapatkan medali sebagai runner-up Piala Dunia.

Nigel de Jong pindah dari Ajax pada tahun 2006 dan bergabung bersama hamburg kemudia setelah dari Hamburg dia pindah ke Manchester City pada bulan Januari 2009 dengan nilai transfer 18 juta poudsterling, dan menjadi pemain penting untuk Manchester City sebgai pemain tengah dalam setiap pertandingan. Nigel mendapatkan reputasi sebagai pemain agresif dan penuh dengan semangat disetiap penampilannya, serta dengan didapatnya reputasi dia mendapatkan julukan The Destroyer.

Pada tahun 2012 Nigel de Jong pindah ke klub AC Milan pada bulan Agustus, Nigel de Jong memulai karirnya sebagai gelandang serang, namun saat bermain di Ajax dia bermain sebagai seorang pemain gelandang serang dan pemain sayap kanan. Pada saat bergabung di Hamburg, Nigel de Jong bermain sebagai pemain bertahan

Pada saat Piala Dunia FIFA 2010, Nigel de Jong menendang seorang pemain Spanyol Xabi Alonso pada bagian dadanya, dan Nigel mengakui kesalahannya serta beruntung tidak mendapatkan kartu merah pada saat pertandingan tersebut.

crownbola

 

Biodata Nigel de Jong :

profil-nigel-de-jong Nama lengkap : Nigel de Jong
Tempat Lahir : Amesterdam, Netherlands
Tanggal Lahir : 30 November 1984
Tinggi badan : 1,74m
Posisi pemain : Bek tengah
Nomor punggung : 34
Klub bola : AC Milan
Tim Nasional : Belanda

Penghargaan Nigel de Jong :

Ajax

  • Eredivisie: 2003–04
  • Johan Cruijff Shield: 2005

Manchester City

  • FA Cup: 2010–11
  • Premier League: 2011–12
  • FA Community Shield: 2012

Internasional

Netherlands

  • FIFA World Cup Runner-up: 2010
  • FIFA World Cup Third Place: 2014

Individual

  • AFC Ajax Player of the Year: 2005