Pacific Games 2015 yang diadakan di Port Moresby, Papua Nugini menciptakan sebuah rekor baru. Dalam pertandingan yang diadakan pada Minggu 5 Juli 2015 lalu. Rekor ini tercipta saat tim sepak bola Fiji menang telak atas tim sepak bola Mikronesia dengan skor 38 – 0.

Saat paruh pertama pertandingan ini berakhir, tim sepak bola Fiji telah mencatatkan 21 gol di papan skor. Dua orang pemain tim sepak bola Fiji yang paling aktif dalam mencetak gol adalah Antonio Tuvina dan Christopher Wassala. Mereka masing – masing mencetak 10 dan 9 gol yang berhasil mengantarkan timnya menang telak atas tim sepak bola Mikronesia.

Bagi tim sepak bola Mikronesia, kekalahan ini bukan yang pertama bagi mereka di ajang Pacific Games kali ini. Sebelumnya, pada tanggal 3 Juli 2015 lalu, mereka juga kalah 0 – 30 dari tim sepak bola Tahiti.

Dan hari ini, tim sepak bola Mikronesia kembali membuat rekor baru. Tim sepak bola Mikronesia lagi- lagi harus menyerah karena kebobolan 46 gol saat melawan tim sepak bola Vanuatu.

Itu artinya, hanya dalam tiga pertandingan, tim sepak bola Mikronesia telah kemasukkan 114 gol pada turnamen Pacific Games ini.

crownbola

 

Pacific Games Tak Masuk Kalender FIFA

 

Mikronesia sendiri diketahui bukanlah anggota FIFA. Karena itu mereka meminta bantuan pada otoritas sepak bola tertinggi tersebut. Dengan tujuan agar mereka mendaptkan pengakuan dari FIFA sehingga mereka bisa membuka jalan untuk mendapatkan bantuan teknis yang diperlukan. Mereka juga berharap agar FIFA bisa mengafiliasi mereka dengan Asia.

Walau begitu, hingga saat ini rekor kemenangan tersebesar yang diakui oleh FIFA tetap adalah saat Australia menang dengan skor 31 – 0 saat melawant tim Samoa Amerika pada Pra Piala Dunia thaun 2002 silam.

Pacific Games 2015 ini sendiri berada di luar kalender FIFA sehingga mereka tidak menghitungnya sebagai salah satu rekor kemasukkan gol terbanyak.

Pacific Games 2015 ini adalah ajang kualifikasi Olimpiade tahun 2016 bagi tim- tim asal Oseania. Mereka akan memperbutkan satu tiket ke Brazil, tempat di mana Olimpade 2016 diselenggarakan.