Panjat tebing salah satu cabang olahraga yang dilombakan di Asia kembali akan diadakan untuk ke-22 kalinya. Untuk kedua kalinya, Indonesia dipercaya untuk menjadi tuan rumah pada kejuaraan Asia Panjat Tebing. Pada kejuaraan ke-22 ini, Lombok ditetapkan sebagai kota yang nantinya akan menjadi kota penyelenggara kompetisi panjat tebing asia. Kejuaraan Asia ini akan diselenggarakan pada tanggal 1 hingga 3 Oktober 2014. Keterangan itu disampaikan oleh Ketua Pelaksana Kejuaraan Asia ke-22 Endi Gunardi pada jumpa pers yang bertempat di Jakarta.

Gunardi menyatakan bahwa ini merupakan kali kedua Negara Indonesia menjadi Negara tuan rumah ajang tersebut, setelah yang pertama kejuaraan panjat tebing ini diselenggarakan di Jakarta pada tahun 1996. Selain itu Endi juga menegaskan bahwa Indonesia harus bersaing dengan sangat ketat dengan tim dari Korea Selatan. Akan tetapi, Pengurus Prov. NTB memiliki dasar yang kuat seperti sarana dinding panjat yang memiliki standar internasional. Selain itu, keindahan alam yang ditawarkan khususnya di Lombok membuat Indonesia akhirnya memperoleh kesempatan untuk mengadakan ajang besar itu.

 

23 Atlit Panjat Tebing Terbaik Indonesia Siap Bertanding

 

Endi menambahkan, akan ada 177 peserta dari 12 negara yang nantinya akan ikut dalam ajang panjat tebing tersebut. Negara tersebut diantaranya seperti Malaysia, Thailand, Singapura, Jepang, China, Korea Selatan, China Taipei, Hongkong, India, Iran, Kazakhstan.

sbobet casino online

Selain itu, Indonesia juga tidak lupa untuk membawa 23 atlit panjat tebing terbaiknya. 23 pemanjat tersebut terdiri dari 11 putri dan 12 putra. Mereka akan ikut dalam enam nomor yaitu nomor lead putra putri, nomor speed putra-putri, dan juga nomor bouder putra-putri.

Kami menargetkan mendapat dua emas pada nomor speed putra dan juga putri. Meskipun secara umum, persaingan pada speed putra sulit. Sebab, terdapat wakil dari Iran dan juga China. Namun, kami akan tetap bersemangat dan memasang target yang tinggi.

Ari Aditya selaku manajer timnas panjat tebing dari Indonesia menyebutkan kepada pihak agen prediksi bola, dari enam nomor yang telah diikuti,Indonesia berpeluang mendapat emas pada nomor lead putra dan speed putri. Dan sisanya, ia menargetkan untuk meraih medali perunggu sebab kekuatan yang dihadapi cukup sulit.