Papiss Cisse lahir pada tanggal 3 Juni 1985 adalah seorang pemain sepak bola Senegal yang bermain sebagai seorang striker untuk klub Newcastle United dan tim nasional Senegal. Papiss Cisse memulai karirnya pada saat dia bergabung dengan klub AS Generation Foot dan douanes Dakar sebelum pindah ke Perancis FC Metz di musim panas 2005.

Papiss Cisse  bergabung dengan Metz hanya berlangsung satu bulan selama musim 2005 -2006, ia meninggalkan Metz dan dipinjamkan ke klub Prancis AS Cherbourg Football. Selama musim ini, Papiss Cisse bermain 26 pertandingan dan mencetak 11 gol untuk klub Normandia. Setelah satu musim ia kembali ke Metz selama dua tahun, sebelum dipinjamkan ke LB Chateauroux pada bulan Januari 2008  dan sebelum kembali ke Metz pada bulan Juli 2008 untuk bertugas ketiga.

Papiss Cisse ditandatangani untuk Bundesliga SC Freiburg pada tanggal 28 Desember 2009 dari FC Metz dengan nilai transfer 16 juta euro.  Dia awalnya menjadi target transfer untuk Freiburg pada musim panas 2009 setelah ia mencetak gol, serta kemenangan 2-1 untuk FC Metz atas Freiburg. Namun, biaya transfer tidak bisa disepakati. Hannover 96 juga menyatakan minatnya untuk pemain.

Papiss Cisse membuat debut internasional untuk Senegal pada tanggal 12 Agustus 2009, dalam pertandingan persahabatan pergi ke Kongo DR, mencetak dua gol saat menang 2-1 Senegal. Papiss Cisse mencetak hat-trick dalam penampilan keempat untuk tim nasional, seperti Senegal lari ke kemenangan 7-0 atas Mauritius pada tanggal 9 Oktober 2010 di pertandingan kualifikasi untuk Piala Afrika 2012. Papiss Cisse juga kapten Tim Senegal dari 2012 hingga 2013.

Papiss Cisse adalah seorang Muslim, dan ketika merayakan gol ia sering melakukan Sujud. Ia telah diduga keberatan dengan kemeja kesepakatan sponsor Newcastle United dengan perusahaan pinjaman bunga tinggi Wonga karena alasan moral tampaknya terkait agama ( Islam menganggap mempromosikan riba atau eksploitasi keuangan yang akan ‘terlarang’). Setelah publikasi foto yang menunjukkan Papiss Cisse di meja game di Aspers Casino di Newcastle, diumumkan bahwa masalah ini telah diselesaikan.

crownbola

 

Biodata Papiss Cisse :

profil-papiss-cisse Nama lengkap : Papiss Demba Cisse
Tempat Lahir : Dakar, Senegal
Tanggal Lahir : 3 Juni 1985
Tinggi badan : 1,81m
Posisi pemain : striker
Nomor punggung : 9
Klub bola : Newcastle United
Tim Nasional : Senegal

Penghargaan Papiss Cisse :

Individual

  • EFFIFU Award: 2010–11
  • BBC Goal of the Month: May 2012
  • Goal of the Season: 2011–12