Piala Dunia Wanita 2015 tahun ini sepertinya mengulang kejadian tahun 2011 saat tim sepak bola wanita Amerika Serikat berhadapan dengan tim sepak bola wanita Jepang. Dalam ajang Piala Dunia Wanita 2015 yang diadakan di Kanada ini, dua tim ini akan kembali bertemu untuk memperebutkan lampang supremasi tertinggi sepak bola wanita.

Tim sepak bola wanita Jepang melangkah ke partai final Piala Dunia Wanita 2015 setelah menang dramatis atas tim sepak bola wanita Inggris pada babak semifianl yang diadakan di Stadion Commonwealth pada hari Kamis 2 Juli 2015 lalu. Kemenangan tersebut dianggap dramatis pasalnya gol penentu langkah tim sepak bola wanita Jepang ke partai final tercipta pada menit kedua masa injury time.

Namun sangat malang bagi Inggris, karena gol kemenangan Jepang tersebut diciptakan oleh gol bunuh diri salah satu pemainnya, Laura Basset. Saat ia tengah berusaha mengantisipasi umpan lawa, Laura Basset malah membelokkan bola ke arah gawangnya sendiri.

Tim sepak bola wanita Jepang sendiri unggul lebih dulu pada menit ke 33 lewat eksekusi penalti Aya Miyami. Penalti tersebut diberikan karena pelanggaran terhadap Saori Ariyoshi. Para pemain Inggris tampak sempat mengajukan protes atas keputusan wasit tersebut karena menurut mereka Saori Ariyoshi terjatuh sedikit di luar kotak penalti Inggris. Akan tetapi wasit tetap pada keputusannya.

 

Piala Dunia Wanita 2015 Akan Jadi Kesempatan AS Balas Dendam

crownbola

 

Tim sepak bola wanita Inggris berhasil menyamakan kedudukan juga melalui titik putih pada menit ke 40. Yuki Ogimi melanggar Stephanie Houghton di kotak terlarang. Fara Williams yang menjadi eksekutor berhasil memanfaatkan peluang tersebut dengan baik.

Pada saat kedudukan imbang, tim Jepang memang lebih banyak mendominasi pertandingan sebesar 58 persen. Akan tetapi Inggris menciptakan jauh lebih banyak peluang. Bila Inggris menciptakan 15 peluang, Jepang hanya tujuh saja. Akan tetapi malang bagi tim Inggris, pada saat injury time, lewat sebuah serangan balik Jepang berhasil menambah angka lewat kesalahan Inggris sendiri. Menang 2-1 atas tim Inggris, tim sepak bola wanita Jepang berhasil maju ke babak final Piala Dunia Wanita 2015.

Jepang akan berhadapan dengan tim sepak bola wanita Amerika Serikat pada hari Minggu 5 Juli 2015 mendatang. Bagi Amerika Serikat, partai final nanti akan menjadi kesempatan emas bagi mereka utnuk membalas kekalahan lewat adu penalti dari Jepang empat tahun yang lalu.

Empat tahun yang lalu, saat Piala Dunia Wanita 2011, tim Jepang berhasil menang dengan skor 3-1 pada adu penalti setelah sepanjang waktu normal bermain imbang dua sama. Sementara itu untuk memperebutkan peringkat ketiga Piala Dunia Wanita 2015, tim Inggris akan berhadapan dengan tim sepak bola wanita Jerman pada Sabtu 4 Juli 2015.