Rafael Benitez adalah seorang pria kelahiran Spanyol 16 April 1960 di kota Madrid dan memulai kariernya di usia 12 tahun sudah bergabung di klub Spanyol Cantera dan menunjukan keahliannya dalam sepak bola, hingga akhirnya mendapatkan promosi ke Aficionados hingga akhirnya ke Castilla CF di Tercera Division. Dalam bidang akademi Rafael Benitez memasuki fakultas Universidad Politecnica de Madrid pada tahun 1982 hingga lulus lalu mendapatkan gelar Sarjana Psikolog.

Pada tahun 1979 Rafael Benites dipilih sebagai pemain Spanyol Universitas XI di World Student Games di kota Mexico, dan berhasil mencetak sebuah gol pada saat mengeksekusi tendangan pinalti dalam sebuah pertandingan pembuka, namun dalam pertandingan selanjutnya Rafael Benitez harus meninggalkan lapangan karena mengalami cedera yang cukup parah, dan cedera itu yang membuat seorang Rafael Benitez harus pensiun dari dunia sepak bola, namun  sebelum pensiun Rafa pernah bergabung dengan tim Linares CF dan AD Parla di tahun 1986.

Dalam berbahasa, Rafael Benitez menguasai 3 bahasa ( Inggris, Spanyol, dan Italia ).

 

Profil Rafael Benitez

 

rafael benitez karir Nama lengkap : Rafael Benitez Maudes
Tempat Lahir : Madrid, Spanyol
Tanggal Lahir : 16 April 1960
Tinggi badan : 175 m
Posisi : Pelatih
Klub bola : Real lMadrid (saat ini )
Tim Nasional :
crownbola

 

 

Karir Rafael Benitez sebagai Pelatih

Rafael Benitez pada usia 26 tahun telah menjadi seorang pelatih tim U-19 di Real Madrid sebagai staf, dan pada tahun 1987 Rafa menjadi seorang pelatih klub Castilla tim B dan mendapatkan gelar di tahun 1987 dan 1989, namun nama Rafa kembali membawa gelar ke 3 untuk tim Real Madrid B di tahun 1990. di tahun 1990 Rafa dipanggil untuk melatih tim Real Madrid U-19 untuk menggantikan Jose Antonio Camacho.

Tim Extremadura

Pada saat bergabung dengan Extremadura di tahun 1998 berhasil membawa kesuksesan pertamanya dengan membawa Extremadura ke Liga Promosi, walaupun dalam musim berikutnya harus terdegradasi kedivisi dua, lalu Rafa memilih untuk istirahat sementara dari sepak bola hingga tahun 2000 menjadi pelatih tim Tenerife dan membawa kedivisi utama di musim 2000-2001.

Tim Valencia

Pada tahun 2001 Rafael Benitez dipanggil untuk menjadi pelatih tim Valencia untuk menggantikan Hector Cuper dan berhasil membawa tim Valencia menjadi juara Liga di musim 2001-2002, kemudian berlanjut ditahun 2003-2004. Rafael Benitez pada tahun 2003-2004 kembali membawa Valencia meraih gelar juara Piala UEFA pada saat mengalahkan Marseille wakil dari tim Perancis, setelah beberapa gelar yang diberikan untuk Valencia terjadi perselisihan dengan Direktur Valencia, hingga akhirnya Rafa memutuskan untuk pindah ke Inggris dan mendapat penawaran dari klub Liverpool dan bergabung untuk menjadi pelatih The Reds.

Tim Liverpool

Nama Rafael Benitez kembali menjadi bahan pembicaraan semua klub sepak bola, akhirnya pada tahun 2003-2004 Rafa memilih Liverpool sebagai tim yang akan dilatihnya. Ditahun 2004-2005 Rafa meraih kesuksesan membawa Liverpool menjadi juara Liga Champions setelah mengalahkan AC Milan dengan drama adu pinalti, bukan hanya itu Rafa kembali membawa The Reds menjadi juara Piala FA dan FA Community Shield, meskipun gagal menjadi Juara Liga Inggris dan menempati sebagai Runner-up klasemen diakhir musim 2008-2009.Liverpool pada tahun 2010 harus kehilangan Rafael Benitez karena ketidakcocokan dengan gaya manajemen yang tidak memberikan dana untuk membeli pemain baru.

Tim Inter Milan

Pada tahun 2010 mendapatkan tawaran dari Sardinia untuk melatih klub Inter Milan untuk menggantikan posisi Jose Mourinho yang pindah ke Real Madrid, hingga akhirnya hijrah ke Italia. Dalam masa kepelatihannya Rafael Benitez kembali membawa Inter Milan meraih Piala Super Italia dan Piala Dunia Antar klub FIFA di tahun 2010. Di tahun yang sama Rafael Benitez harus meninggalkan klub Italia, dan memiliki hasil yang buruk di Liga Italia dan di Liga Champions karena tidak membeli pemain dalam bursa transfer pada tahun 2011.

Tim Chelsea

Pada awal bulan bulan November 2012 Rafael Benitez kembali mendapatkan penawaran untuk bergabung ke Stamford Bridge untuk melatih Chelsea menggantikan Roberto Di Matteo. Pada saat melatih Chelsea, nama Boudewijn  Zenden ditunjuk sebagai asisten Rafael Benitez dan berhasil mendapatkan juara Liga Eropa UEFA di tahun 2012-2013, hingga saat ini  hijrah ke Italia sebagai manajer di Napoli.

Kehidupan Pribadi

Rafael Benitez lahir dari seorang yang ekonominya cukup ada di kota Madrid. Ibunya yang bernama Rosario Maudes adalah seorang pendukung dari Real Madrid dan ayahnya bernama Francisco Benitez adalah seorang karyawan hotel di kota Madrid yang menjadi pendukung Atletico Madrid. Francisco meninggal pada bulan Desember tahun 2005, ketika Rafael Benitez berada di Jepang sedang mengikuti kejuaraan Piala Dunia Antarklub FIFA. Rafael Merupakan anak ke-2 dari 3 bersaudara, dan kakaknya yang akrab dipanggil Fransisco kemudian adiknya yang akrab dipanggil Rosario.

Rafael Benitez pada tahun 1998 menikah dengan wanita bernama Maria De Montserrat seorang dokter ilmu hukum, yang lahir di qurense. Hasil dari pernikahan mereka mempunyai 2 orang anak yang bernama Claudia dan Agata.

Claudia anak pertama dari Rafael Benitez lahir di kota Madrid pada tahun 1999, dan Agata anak kedua dari Rafael Benitez yang lahir di Valencia pada tahun 2002.