Rio Ferdinand telah mengumumkan bahwa dirinya gantung sepatu alias pensiun dari dunia sepak bola profesional. Ia resmi mengumumkannya pada Sabtu 30 Mei 2015. Mantan bek tangguh tim nasional Inggris ini mengakhiri karirnya selama 19 musim di usia 36 tahun. Rio Ferdinand membuat keputusan tersebut setelah Queens Park Rangers mengakhiri kontraknya pada awal minggu ini.

Selama menjadi pemain profesional, Rio Ferdinand telah berhasil memenangi enam gelar Premier League, satu trofi Liga Champions, Piala FA, dan tiga Piala Liga. Semua itu ia dapatkan selama 12 musim berseragam Manchester United. Ia juga pernah memeperkuat tim nasional Inggris sebanyak 18 kali.

Dalam wawancaranya bersama BT Sport, Rio Ferdinand mengungkapkan bahwa selama 18 tahun menjadi seorang pemain sepak bola profesional, ia merasa bahwa sudah saatnya bagi dirinya untuk pensiun dari permainan yang ia cintai.

 

Rio Ferdinand Ucapkan Terima Kasih

 

crownbola

Saat berusia 12 tahun ia menendang bola di Friary Estate di Peckham, dan ia mengaku sama sekali tak pernah bermimpi akan bermain untuk klub masa kecilnya, West Ham United. Rio Ferdinand juga berkata bahwa ia sama sekali tak pernah membayangkan dirinya menjadi kapten Leeds United, atau pun memenangi gelar Liga Champions bersama Manchester United, atau bergabung lagi bersama manajer pertamanya, Harry Redknapp di Queens Park Rangers, yang kemudian menjadi klub terakhirnya.

Rio Ferdinand juga berkata bahwa ia akan selalu mengingat 81 pertandingan yang ia jalani bersama tim nasional Inggris, dengan kebangaan yang luar biasa. Ia berkata bahwa semua pengalamannya di dunia sepak bola akan menjadi kenangan berharga yang akan tetapi ia ingat seumur hidupnya.

Rio Ferdinand, dalam kesempatan itu kembali menceritakan perjalanan karirnya, dimulai saat ia berguru pada Dave Goodwin, hingga akhirnya ia meraih kesuksesan bersama Manchester United. Atas semua itu, Rio Ferdinand juga mengucapkan terima kasihnya pada semua pihak, termasuk pada Sir Alex Ferguson dan mendiang istrinya Rebecca beserta keluarga besar mereka. Rio Ferdinand menyebut mereka berperang penting dalam perjalanan karirnya di dunia sepak bola.