Sepp Blatter akhirnya resmi mengundurkan diri sebagai president FIFA. Blatter yang baru saja terpilih sebagai president FIFA pekan lalu, untuk kelima kali berturut-turut. Akibat banyaknya kecaman akhir-akhir yang ditujukan kepada nya akibat kasus suap  didalam tubuh FIFA.

“Saya tidak akan melanjutkan jabatan ini… saya sekarang bebas dari pemilihan. Reformasi dalam tubuh FIFA harus terus berlanjut” kata Blatter kepada agen prediksi bola dalam konferesi pers di kantor pusat FIFA , Swiss.

“Saya amat terkait dengan FIFA dan kepentingan nya, dan inilah yang menjadi sebat saya mengambil keputusan ini. Juga saya berterima kasih kepada setiap orang yang selalu mendukung saya, terima kasih banyak atas perhatian anda” ujar Sepp Blatter.

Platini memuji keputusan Sepp Blatter

Apa yang telah dilakukan Blatter adalah sebuah keputusan sulit dan juga berani. Ia sudah memimpin FIFA selama empat periode atau setara dengan 17 tahun. Kepemimpinan nya dalam organisasi FIFA dikecam oleh banyak kalangan, akibat terkuak kasus korupsi para pejabatnya, bahkan Sekjen FIFA Jerome Valcke sudah ditangkap oleh pihak berwajib atas keterlibatan nya soal suap proses pemilihan Afrika Selatan sebagai tuan rumah Piala Dunia 2010.

Akibat mundurnya Sepp Blatter sebagai president FIFA ketua komite audit dan kepatuhan FIFA mengatakan bahwa pemilihan president baru palin cepat dilaksanakan pada bulan  Desember 2015 hingga Maret 2016 mendatang. Berdasarkan peraturan FIFA, persiapan kurang lebih selama empat bulan diperlukan untuk menggelar proses pemilihan, lama waktu tersebut dipergunakan untuk memeriksa para kandidat serta mempresentasikan ide-ide mereka bagi organisasi.

sbobet casino online

Sementara itu ditempat lain, pengunduran diri Sepp Blatter disambut positif oleh Luis Figo. Figo merupakan legenda sepakbola Portugal. Dia juga mengatakan berhentinya Blatter menjabat sebagai president FIFA adalah awal dari era baru bagi organisasi tersebut, untuk melakukan perbaikan-perbaikan. Terutama soal kasus suap, ia mengharapkan untuk kedepan nya, organisasi FIFA telah bersih dari kasus-kasus suap.

” Sebuah keputusan baik juga hari baik bagi FIFA dan sepakbola. Akhirnya perubahan datang juga” ucap Luis Figo pada account facebooknya.