Slovenia memiliki tim sepakbola yang dikendalikan oleh Asosiasi Sepakbola Slovenia, Tim ini memainkan pertandingan pertama pada tahun 1992 setelah perpecahan Yugoslavia pada tahun 1991. Slovenia membuat kejutan untuk UEFA Euro pada tahun 2000, ketika mereka mengalahkan Ukraina di playoff.

Slovenia mencapai sukses besar dua tahun kemudian mereka lolos ke Piala Dunia tahun 2002, setelah mengalahkan Rumania dalam babak playoff. Tim tidak kehilangan pertandingan dalam kampanye kualifikasi keseluruhan, dengan mendapatkan enam kemenangan dan enam kali seri, namun tidak mendapatkan poin di babak penyisihan grup putaran final.

Meski gagal lolos ke Piala Dunia 2006, itu adalah satu-satunya tim yang mengalahkan pemenang akhirnya Italia dengan kemenangan 1-0 di kandang sendiri. Pada tahun 1995 bermain imbang pada saat melawan Italia imbang 1-1 di kualifikasi untuk UEFA Euro 1996. Pada bulan November 2009, Slovenia mengalahkan Rusia dalam playoff untuk meraih tempat di Piala Dunia FIFA 2010.

Sebelum kemerdekaan pada tahun 1991, tim nasional Slovenia hanya sebagai tim daerah, namun tidak secara resmi diakui oleh FIFA. Itu status yang sama seperti tim sepak bola nasional Catalonia atau tim sepak bola nasional Kosovo. Tim telah sebagian besar memainkan pertandingan eksibisi melawan tim dari republik lain dari SFR Yugoslavia dan diwakili oleh pemain Slovenia di bawah warna tradisional putih, biru dan merah.

Klub-klub sepak bola pertama terbentuk pada awal abad ke-20 selama periode ketika sebagian besar wilayah kini Slove masih dalam Kekaisaran Austro-Hungaria. Pada akhir Perang Dunia I, Slovenia, bersama dengan Kroasia, bergabung dengan Kerajaan Serbia membentuk Kerajaan Serbia, Kroasia dan Slovenia, yang akan berganti nama menjadi Yugoslavia pada tahun 1929.

sbobet casino online

Pada tanggal 24 April 1920, Ljubljana Football Subassociation adalah dibentuk sebagai cabang dari Asosiasi Sepakbola Yugoslavia dan menyelenggarakan liga sepak bola pertama. Pemenang Ljubljana Subassociation Liga memiliki tiket untuk mengikuti turnamen Championship Yugoslavia.

PROFIL SLOVENIA

logo-slovenia
Logo Slovenia
Julukan :
Asosiasi : Nogometna zveza Slovenize (NZS)
Konfederasi : UEFA (Eropa)
Pelatih : Srecko Katanec
Kapten : Bostjan Cesar
Penampilan Terbanyak : Bostjan Cesar
Pencetak Gol Terbanyak : Zlatko Zahovic
Ranking : 49

 

 

SKUAD SLOVENIA SAAT INI

# Pos. Player Club
1 GK Samir Handanović Internazionale
12 GK Jan Oblak Atletico Madrid
16 GK Nejc Vidmar Domzale
2 DF Mišo Brečko FC Köln
3 DF Siniša Anđelković Palermo
4 DF Miral Samardžić Rijeka
5 DF Boštjan Cesar (Captain) Chievo
6 DF Branko Ilić Astana
13 DF Bojan Jokić Villarreal
21 DF Martin Milec Standard Liège
7 MF Josip Iličic Fiorentina
8 MF Jasmin Kurtic Fiorentina
10 MF Valter Birsa Chievo
14 MF Dejan Lazarevic Antalyaspor
17 MF Andraz Kirm Omonia
18 MF Rajko Rotman İstanbul Başakşehir
19 MF Nejc Pečnik
20 MF Kevin Kampl Borussia Dortmund
22 MF Ales Mertelj Maribor
23 MF Benjamin Verbic Copenhagen
9 FW Robert Berić Rapid Wien
11 FW Milivoje Novaković Nagoya Grampus