Tim Krul lahir pada tanggal 3 April 1988 adalah seorang pemain sepak bola Belanda yang bermain sebagai seorang kiper untuk klub Inggris Newcastle United dan tim nasional Belanda.Tim Krul memulai karir profesionalnya di Newcastle United pada tahun 2006, setelah sebelumnya bermain untuk akademi tim muda ADO Den Haag dan HVV RAS.

Pada awalnya Tim Krul pilihan ketiga di belakang Shay Given dan Steve Harper, ia menghabiskan musim 2007-08 dipinjamkan ke Falkirk, dan musim berikutnya dipinjamkan ke Carlisle United, membuat 26 dan sembilan penampilan masing-masing. Meskipun ia mulai musim sebagai kiper cadangan untuk Harper, lnamun selama musim 2010-11 Harper cedera dan Tim Krul menggantikan sebagai seorang starter masuk ke tim serta menjadikiper nomor pertama.

Tim Krul memulai karirnya di kota kelahirannya klub RAS dan kemudian di klub Eredivisie lokal ADO Den Haag. Dia bergabung dengan klub Liga Premier Newcastle United pada musim panas 2005 pada kontrak tiga tahun setelah gagal untuk menandatangani istilah profesional. ADO menuntut biaya kompensasi dan keberatan dengan FIFA Dispute Resolution Chamber (DRC). DRC membantah klaim tersebut dan ADO membawa kasus ini ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS). CAS memutuskan pada bulan Februari 2007 yang mendukung ADO memesan Newcastle membayar 220 ribu euro sebagai kompensasi untuk transfer

Tim Krul bermain di U-17 Kejuaraan Eropa untuk Belanda di Italia pada Mei 2005 dan akhirnya bergabung bersama skuad Belanda U-21. Dia membuat penampilan pertamanya senior untuk Newcastle dalam kekalahan pra-musim ke PSV Eindhoven pada 29 Juli 2006.

Setelah cedera kiper pilihan pertama Newcastle, Shay Given, Krul berada di bangku cadangan untuk beberapa game sebagai back-up untuk kedua pilihan Steve Harper. Krul membuat debut Newcastle di pertandingan Piala UEFA atas 2 November 2006, jauh ke Palermo. Debutnya dipuji oleh para kritikus sebagai ia ditampilkan kemampuan shot-nya berhenti, menyelamatkan upaya dari Giuseppe Biava dan David Di Michele.

crownbola

Krul mewakili tim nasional sepak bola Belanda di tingkat U17 di Piala Dunia FIFA U-17 2005 di Peru. Dia mewakili U21s di 2008 Toulon Tournament dan biasa di sisi untuk 2011 Eropa U-21 kualifikasi Kejuaraan. Pada 4 Juni 2011, Krul membuat starting eleven untuk Belanda dalam pertandingan persahabatan melawan Brasil, topi pertamanya di tingkat senior.

Pada bulan Juni 2014, Krul termasuk dalam skuad Belanda untuk Piala Dunia 2014 FIFA di Brasil. Di perempat final melawan Kosta Rika, ia dibawa oleh Louis van Gaal sebagai menit ke-120 pengganti adu penalti. Dia menyelamatkan dua dari lima hukuman yang dihadapinya sebagai Belanda menang 4-3. Itu adalah pertama kalinya dalam sejarah Piala Dunia yang kiper dikirim sebagai substitusi semata-mata untuk adu penalti.

 

Biodata Tim Krul :

profil-tim-krul Nama lengkap : Timothy Michael Krul
Tempat Lahir : The Hague, Belanda
Tanggal Lahir : 3 April 1988
Tinggi badan : 1,93m
Posisi pemain : Kiper
Nomor punggung : 1
Klub bola :  Newcastle United
Tim Nasional : Belanda

Penghargaan Tim Krul :

Belanda

  • UEFA U-21 Championship: 2007
  • FIFA World Cup third place: 2014
  • UEFA U-17 Championship runner-up: 2005
  • FIFA U-17 World Cup third place: 2005