Tim Nasional Cile berhasil maju ke babak final Copa America 2015 setelah mereka menang tipis 2-1 atas tim nasional Peru pada partai semi final yang diadkan di Stadion Nasional Julio Martinez Pradanos pada hari Selasa 30 Juni 2015 lalu.

Pada pertandingan tersebut, tim nasional Cile sudah memiliki keuntungan sejak menit ke 20 karena Peru harus bermain dengan 10 pemian setelah Carlos Zambrano mendapatkan kartu merah langsung karena ia melangga Charles Aranguiz dengan keras. Para pemain Peru sempat terlihat protes dengan kartu merah tersebut, akan tetapi wasit pertandingan, Jose Argote tetap pada pendiriannya.

Namun walau unggul jumlah pemain, tim nasional Cile baru bisa memecah kebuntuan mereka pada menit ke 42. Gol bermula dari umpan silang Alexis Sanchez yang ditangkap oleh Charles Aranguiz. Ia mencoba memasukkan bola ke gawang lawan akan tetapi gagal. Bola tersebut kemudian mengenai tiang jauh dan memantuk ke arah Eduardo Vargas yang tak menyia- nyiakan peluang. Eduardo Vargas langsung melepaskan tendangan dan menaklukkan kiper Pedro Gallese. Skor 1-0 untuk keunggulan tim nasional Cile ini bergahan hingga paruh pertama pertandingan.

Tim nasional Cile tetap memegang kendali permainan hingga babak kedua. Akan tetapi tim nasional Peru bisa memanfaatkan sebuah kegagalan serangan tim nasional Cile yang berhasil menjadi gol penyama kedudukan  pada menit ke 60.

 

Tim Nasional Cile Ulangi Tahun 1955

crownbola

 

Akan tetapi sayangnya keceriaan para pemain dan pendukung tim nasional Peru hanya berlangsung sejenak. Pasalnya empat menit setelah gol tersebut, Gary Medel memberikan umpan pada Eduardo Vargas yang berhasil diselesaikan dengan tembakan keras dari luar kotak penalti yang bersarang di pojok kanan atas gawang tim nasional Peru. Tim nasional Cile kembali unggul dengan skor 2-1.

Tertinggal satu gol, tim nasional Peru terlihat bermain lebih ofensif dengan memasukkan pemain bernaluri menyerang, Claudio Pizarro dan Victor Yuton. Akan tetapi usaha tersebut tak membuahkan hasil. Hingga pertanidngan berakhir, tim nasional Cile tetap mempertahankan skor 2-1 dan berhasil melangkah ke partai final Copa America 2015.

Bagi tim nasional Cile, keberhasilan maju ke partai final ini adalah yang pertama sejak tahun 1987 silam. Dan sebagai tuan rumah, tim nasional Cile kali ini mengulan catatan tahun 1955. Namun sayangnya pada dua partai final tersebut mereka harus kalah dari Argentina dan Paraguay.